Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Inovasi Sains Dalam Teknologi Pendidikan PDF




Buku ini membahas Materi ajar Fisika II yang terkait dengan ilmu dasar keteknikan sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Teknik, sebab menjadi landasan dalam memahami ilmu-ilmu teknik. Pemahaman materi fisika ditujukan kepada kemampuan mahasiswa untuk memahami hukum-hukum fisika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta penerapan fisika dalam teknologi, pengembangan fisika dan pengembangan kemampuan diri dalam bidang keahlian khusus .

Jurusan Teknik Elektro , beberapa kelemahan pada penyelenggaraan matakuliah Fisika II di antaranya:  kemampuan akademik masukan mahasiswa rendah; . mahasiswa peserta kuliah relatif banyak, sekitar 80-90 mahasiswa pada tiap semester; . ruang kuliah sempit sehingga tidak mampu menampung jumlah mahasiswa yang banyak;. 

kemampuan bahasa Inggris mahasiswa rendah;. matakuliah fisika sering dianggap «momok» oleh sebagian mahasiswa; . beban dosen relatif tinggi; . nilai ujian akhir mahasiswa sebagian besar relatif rendah; . tingkat kelulusan mahasiswa rendah; . masa studi mahasiswa menjadi lebih lama karena Fisika II adalah prasyarat untuk mengikuti matakuliah berikutnya; sehingga . waktu penyelesaian skripsi menjadi lebih lama.

Berbagai kendala tersebut perlu dicarikan jalan keluarnya agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan dalam suasana akademis yang kondusif sehingga mampu meraih prestasi yang optimal.

Dalam upaya membantu mahasiswa dalam memahami ilmu fisika tersebut, diperlukan berbagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan teknologi pembelajaran berbasis web merupakan salah satu inovasi yang paling tepat dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan mempertinggi kompetensi hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika II.

Permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: 

Fisika II berbasis web; . bagaimanakah pengaruh sistem pembelajaran berbasis web dalam meningkatkan efektivitas pengajaran matakuliah Fisika II; . apakah terdapat perbedaan antara sistem pembelajaran berbasis web dengan sistem ceramah klasikal dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika II.

Suasana akademik untuk mendorong terwujudnya empat pilar kompetensi mahasiswa, seperti disarankan oleh UNESCO yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together dapat dilakukan dengan scientific approach dan technology approach. Pemilihan media pembelajaran yang tepat, sangat menentukan efektivitas pengajaran seperti disampaikan oleh

Mengingat aktivitas belajar mengajar pada masa mendatang akan lebih didominasi oleh peran dosen, referensi, dan teknologi , maka salah satu media pembelajaran paling tepat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa adalah sistem pembelajaran berbasis web.

Dalam berbagai referensi, teknologi pembelajaran berbasis web didefinisikan sebagai: technology based weblearning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as e-mail, internet and computer networks aided instruction also commonly referred to as online course .

Teknologi pembelajaran berbasis web pada dasarnya merupakan kumpulan data informasi yang dapat diakses melalui jaringan komputer. Beberapa kelebihan penggunaan teknologi pembelajaran berbasis web dalam bidang pendidikan antara lain adalah: . tersedianya fasilitas e-moderating; . dosen dan mahasiswa dapat berdiskusi dan menggunakan bahan kuliah atau pedoman belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet,  mahasiswa dapat belajar dan mereviu bahan kuliah di mana saja dan kapan saja; serta . peran mahasiswa menjadi lebih aktif .

 

Efektivitas Pengajaran

Efektivitas pengajaran didefinisikan perbandingan antara hasil belajar yang dicapai dengan semua input dalam bentuk non-uang. Dengan demikian indikator efektivitas pengajaran dalam sistem pembelajaran berbasis web ini di antaranya adalah: . bahan ajar terdokumentasi di dalam komputer sehingga dapat diakses dengan mudah dan dipelajari kembali oleh mahasiswa;  penggunaan waktu baik oleh dosen maupun mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

efektivitas tempat pembelajaran sebab mahasiswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja mereka berada; strategi pembelajaran di mana mahasiswa dapat belajar secara mandiri dari materi ajar yang diberikan oleh dosen secara berulang-ulang melalui komputer. 

cara komputer multimedia memungkinkan kegiatan belajar mengajar dapat lebih menyenangkan sehingga mahasiswa tidak cepat mengalami kebosanan; . proses belajar mengajar dapat lebih kreatif dan inovatif sehingga persepsi mahasiswa menjadi lebih baik.

meningkatkan tingkat pengetahuan dan pemahaman mahasiswa yang diukur dengan nilai akhir yang diperoleh dari matakuliah ini; dan . dengan dasar keilmuan yang baik maka secara keseluruhan akan meningkatkan kompetensi dan memperpendek masa studi mahasiswa. Kompetensi merupakan kemampuan melakukan kegiatan atau fungsi dalam pekerjaan sesuai standart yang diharapkan.


Mahasiswa didorong meningkatkan standart kompetensi yang diharapkan. Standar kompetensi tersebut adalah menerapkan konsep dasar tentang gaya listrik, medan listrik, hukum Gauss, dan menentukan potensial listrik di suatu titikmerumuskan konsep potensial dan energi potensial listrik; . merumuskan dan mengaplikasikan prinsip kerja kapasitor.

Kendala utama dalam proses pembelajaran berbasis web adalah kurangnya interaktivitas antara dosen dengan mahasiswa. Meski demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara pengajar dan peserta didik baik dalam bentuk real time atau tidak. Hanya saja proses pembelajaran dalam bentuk real time ini memerlukan dana yang relatif cukup besar. Dengan alasan yang terakhir ini, teknologi pembelajaran berbasis web yang akan dibuat menggunakan bentuk tidak real time atau asynchronous.

Judul Buku

Inovasi Sains Dalam Teknologi Pendidikan

Penulis

Kancono

Jumlah Halaman

172

Tahun

2010

Penerbit

Unit Penerbitan FKIP UNIB

Bahasa

Indonesia

Bidang studi

Pendidikan dan Teknologi

Ukuran file

20,329 Mb

Link Download

 Download

 

Post a Comment for "Buku Inovasi Sains Dalam Teknologi Pendidikan PDF"