Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Filsafat Pendidikan Islam Karya Heris Hermawan


Filsafat Pendidikan Islam alam modul ini akan dibahas masalah Filsafat Pendidikan Islam. Bahasan ini meliputi pengertian, ruang lingkup, tujuan, fungsi, metode serta hubungan dan perbedaanya dengan ilmu pendidikan dan praktek pendidikan.

hakikat Filsafat Pendidikan Islam yang akan berguna dalam memahami dan menganalisa permasalahan pendidikan Islam. Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka anda diharapkan dapat menguasai indikator- indikator sebagai berikut: Pertana, Mampu menyebutkan pengertian Filsafat Pendidikan Islam. Kedua, Mampu menyebutkan ruang lingkup Filsafat Pendidikan Islam.

Ketiga, Mampu menerangkan tujuan Filsafat Pendidikan Islam. keempat, Mampu Menyebutkan fungsi Filsafat Pendidikan Islam. Kelima, Mampu Menjelaskan metode Filsafat Pendidikan Islam. Keenam, Mampu menerangkan hubungan dan perbedaan filsafat, teori dan praktek pendidikan.

Pengertian dan Ruang lingkup

sophia artinya kebijakan dalam arti pandai, pengertian yang mendalam, cinta pada kebijakan . Filsafat memang dimulai dari rasa ingin tahu. Keingintahuan manusia ini kemudian melahirkan pemikiran. Manusia memikirkan apa yang ingin diketahuinya. Pemikiran inilah yang kemudian disebut sebagai filsafat. Dengan berfilsafat manusia kemudian jadi pandai.

Pandai artinya juga tahu atau mengetahui Dengan kepandaiannya manusia harusnya menjadi bijaksana. Bijaksana adalah tujuan dari mempelajari filsafat itu sendiri. Istilah filsafat pertama kali digunakan oleh Pythagoras. Dia mengatakan bahwa manusia dapat dibagi menjadi tiga golongan . Pertama, manusia yang mencintai kesenangan, kedua, manusia yang mencintai kegiatan, ketiga, manusia yang mencintai kebijaksanaan. Pengertian ketiga dari Pythagoras tentang manusia ini yang kemudian memberikan gambaran tentang pengertian filsafat yaitu kebijaksanaan.

Filsafat memiliki berbagai jenis pengertian pokok antara lain, upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan: sumber, hakikat, keabsahan, dan nilainya .

Filsafat merupakan kegiatan pikiran. Pikiran manusia ini menerawang dan menelaah segala yang ada di alam semesta. Penelaahan ini melahirkan pengertian tentang realitas itu, tentang segala itu. Upaya mengetahui segala itu dilakukan secara sistematis, artinya menggunakan hukum berpikir.Pikiran filosofis ini mencari hakikat segala sesuatu itu sampai ke pengertian yang paling dasar, paling dalam.

Menurut Rassel , filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sain. Filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang secara definitif belum jelas pengertiannya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah dunia ini terbagi menjadi dua: jiwa dan materi, apakah jiwa dan materi itu?, apakah alam semesta ini mempunyai maksud terrtentu? Apakah alam semesta ini sedang bergerak ke suatu tujuan? dan seterusnya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan-pertanyaan filsafat.

Dalam hal ini, pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawan filsafat hampir sama dengan pertanyaan atau jawaban yang ada dalam teologi atau agama.

Mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam merupakan salah satu mata kuliah dalam kelompok mata kuliah Kompetensi Utama . Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan pengetahuan para guru tentang konsep-konsep filosofis pendidikan. Beban kredit mata kuliah ini adalah 3 SKS yang kemudian dijabarkan dalam 9 modul Mata kuliah ini membahas rumusan pemikiran secara filosofis mengenai pendidikan

Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits, sehingga dapat berguna dan merupakan dasar bagi pembentukan dan pengembangan sistem pendidikan Islam. Untuk tercapainya kompetensi-kompetensi di atas, maka dikembangkan Sembilan buah modul yang didalamnya terdapat indicator-indikator agar kompetensi tersebut dapat dicapai.

Dalam menggunakan modul ini hendaknya memperhatikan petunjuk sebagai berikut : a. Pelajari dengan tuntas materi yang terdapat dalam modul 1 sampai 9 b. Setiap selesai pembelajaran, simaklah rangkuman materi sehingga menambah informasi c. Laksanakan latihan soal setiap selesai kegiatan pembelajaran sehingga Anda dapat memperoleh penguatan materi Filsafat Pendidikan Islam d. Laksanakan dan jawab setiap item tes sehingga Anda dapat mengukur tingkat pencapaian materi yang telah dipelajari.

 

Judul Buku

Filsafat Pendidikan Islam

Penulis

        Heris Hermawan

Jumlah Halaman

412

Tahun

2009

Penerbit

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama 2012

Bahasa

Indonesia

Bidang studi

Filsafat dan Pendidikan

Ukuran file

9,50 Mb

Link Download

 Download

 


Post a Comment for "Buku Filsafat Pendidikan Islam Karya Heris Hermawan "