Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Versi Processor Semua HP Dengan Mudah

cara cek tipe prosesor hp

Mungkin diantara kalian semua sering mendengar kata ARM  ? atau sering mendengar 32 bit, 64 bit, 86 bit ? Istilah ini mungkin sering kalian dengar disaat membeli hp baru, atau saat ingin instal aplikasi yang sesuai dengan hp kalian.

Pengertian dari ARM adalah arsitektur dari sebuah microprocessor yang banyak digunakan di perangkat mobile seperti samrphone ( hp ).

ARM merupakan mikroprosesor 32-bit yang pada awalnya dibuat oleh Acorn pada era tahun 1987. Sejak itu, ARM menjadi microchip yang paling disukai oleh semua orang yang mencari microprosesor berdaya rendah.

Apa itu BIT ? Sebenarnya bit itu banyak arti dan makna nya, tergantung dari penempatanya saja sehingga kita bisa membedakan jenis dan bit tersebut.

Istilah bit juga ada kalian temukan saat tes kecepatan jaringan internet, dan kalian menemukan istilah 50b, 100b, 150b dll. Nah ini menunjukan kualitas kecepatan internet beskala rendah (kecil).

Sedangkan istilah bit di microprocessor adalah sebuah arsitektur di smartphone yang menunjukan kecepatan kinerja smarphone kalian. Tidak hanya itu, istilah bit di smarphone juga dapat memabandingkan suatu kinrja smartphone dan sistemnya.

Namun untuk pembahasan kali ini lebih mengarah ke ARM & BIT dalam kinerja sebuah peangkat mobile ( smartphone ). Berhubung banyak nya yang bertanya apa apa itu BIT dan apa itu ARM.

Jika kalian sering mendengar atau membaca sebuah tipe hp dengan kecepatan processor 32 bit, 64 bit, pasti kalian bingung, dari mana mengetahui tipe processor di hp kalian. Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara cek type dan kecepatan processor di hp kalian.

Cara Cek Versi Processor Semua HP Dengan Mudah

Ada beberapa versi cara cek versi atau tipe processor di hp kalian, kalian bisa mencoba satu persatu sesuai dengan keinginan kalian.
  • Menggunakan Aplikasi CPU-Z
Dengan menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z kalian dapat mengecek versi atau tipe processor di hp kalian. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu download terlebih dahulu aplikasi CPU-Z di playstore atau kalian bisa download DISINI, kamudian jika sudah kalian instal, kalian pilih menu System, dan cek tipe processor hp kalian di bagian "Kernel Architecture"

cara mudah mengetahui tipe prosesor di hp
Tipe processor Redmi S2

Kalian bisa perhatikan di gambar diatas, dibagian "Kernel Architecture" terdapat tulisan armv7I , ini artinya processor hp saya adalah 32 bit. lalu bagaimana cara mengetahui kalau hp saya 64 bit ? berikut saya akan berikan gambar nya untuk hasil tes tipe processor hp vivo v15 saya.

cara cek versi bit hp
Versi processor hp vivo v15
Untuk hp vivo v15 saya, tipe processor nya adalah aarrch64, nah ini tandanya hp saya memiliki tipe processor 64 bit. Jadi cukup jelaskan ? yang membedakan dari keduanya itu adalah dari kode nya saja.

armv7I = 32 BIT
aarrch64 = 64 BIT

PERHATIKAN : Tidak semua processor bertulisakan seperti diatas, terkadang ada yang berbeda, tergantung dari smartphone kalian. Atau saya akan melengkapinya dibawah ini.

armv7I : 32 Bit
ARMv7I Processor rev : 32 Bit

aarchch64 : 64 Bit
AIDA 64 : 64
ARM v8-A : 64

Untuk lebih mudah mengetahui lebih akurat bagi kalian yang belum paham dengan kode processor di atas, kalian bisa menggunakan aplikasi kedua iniu yang lebi detail.
  • Menggunakan aplikasi AIDA64
Dengan menggunakan aplikasi AIDA64 kalian tidak lebih repot lagi untuk mencari kode versi processor kalian karena disini sudah langsung tertera tipe processor hp kalian.

Pertama kalian download terlebih dahulu untuk aplikasi AIDA64 di PlayStore atau kalian bisa download DISINI, kemudian cari aplikasi AIDA64 lalu instal. Jika sudah, buka aplikasinya, pilih opsi CPU.

Cara cek bit hp

Kemudian, jika masuk ke opsi CPU, kalian cari bagian "Instruction Set". Nah disitu kalian akan melihat tipe atau versi processor kalian, 

cara cek prosesor hp
Yang di dalam kurung itu adalah tipe processor hp kalian
Kalian bisa perhatikan, di hp xiaomi saya menggunakan aplikasi AIDA 64 menunjukan kalau tipe prosesor hp saya 32 bit. Ingat yah, yang di dalam tanda kurung itu adalah tipe pocessor kalian, bukan yang diluar tanda kurung.

Nah, itu dia tadi tentang bagaimana Cara Cek Versi Processor Semua HP Dengan Mudah di semua hp, saya sarankan kalian untuk menggunakan aplikasi AIDA64 untuk kalian yang belum paham tentang kode prosesor diatas.

Post a Comment for "Cara Cek Versi Processor Semua HP Dengan Mudah"