Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Metodologi Penelitian Bisnis PDF Download Secara Gratis




Buku ajar metode penelitian bisnis ini mencakup metode, prosedur dan teknik penelitian, konsep serta pendekatan dalam penelitian bisnis, terutama untuk bidang manajemen. Materi yang dibahas ditekankan pada konsep dasar dan aplikasi penelitianpenelitian manajemen dan bisnis, untuk semua konsentrasi manajemen yakni manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen system informasi, serta konsentrasi manajemen yang lain.

Buku ini berisi penjelasan tentang ilmu dan penelitian, metode ilmiah, beberapa metode penelitian, teknik merumuskan masalah, mengukur variable, merumuskan hipotesis, dan teknik menguji hipotesis, juga teknik pengumpulan data, teknik sampling, dan teknik analisis data. Buku ini merupakan pemikiran dari sejawat pengajar metodologi penelitian dan hasil pemikiran-pemikiran penulis-penulis terdahulu.

Secara etimologis, istilah research berasal dari dua kata, yaitu re dan search. Re berarti kembali atau berulang-ulang dan search berarti mencari,menjelajahi, atau menemukan makna. Dengan demikian penelitian atauresearch berarti mencari, menjelajahi atau menemukan makna kembalisecara berulang-ulang .

Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Para pakar mengemukakan pendapat yang berbeda dalam merumuskan batasan penelitian atau penyelidikan terhadap suatu masalah, baik sebagai usaha mencari kebenaran melalui pendekatan ilmiah.

Penelitian merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Jadi penelitian merupakan bagian dari usaha pemecahanmasalah. Fungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan dan jawaban terhadappermasalahan serta memberikan alternatip bagi kemungkinan yang dapat digunakanuntuk masalah.

Penjelasan jawaban permasalahan itu dapatbersifat abstrak dan umum sebagaimana halnya dalam penelitian dasar dan dapat pula sangat konkret dan spesifik seperti biasanya ditemui pada penelitianterapan .

Penelitian dasar biasanya tidak langsung memberikan informasi yang siap pakaiuntuk penyelesaian permasalahan akan tetapi lebih menekankan bagi pengembangan model atau teori yang menunjukkan semua variable terkait dalam suatu situasi dan berhipotesis mengenai hubungan di antara variabel-variabel tersebut. Oleh karena itu tidak jarang pemecahan permasalahan baru dapat dicapai lewat pemaduan hasil beberapa penelitian yang berkaitan.

Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif, eksperimental atau non eksperimental, interaktif atau non interaktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku.

Menurut Ary, Jacobs, dan Razafieh , Penelitian dapat dirumuskan sebagai pendekatan ilmiah pada pengkajian masalah. Penelitian merupakan usaha sistematis dan objektif untuk mencaripengetahuan yang dapat dipercaya.

Menurut Ostle, Penelitian dengan mengunakan metoda ilmiah disebut penelitian ilmiah . Dalam penelitian ilmiah selalu ditemukan 2 unsur penting, yaitu unsure observasi dan nalar.

Penelitiaan upaya pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori. Dalam kaitannya dengan upaya pengembangan pengetahuan, Welberg mengemukakan lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu: mengidentifikasi masalah penelitian, melakukan studi empiris, melakukan replikasi atau pengulangan, menyatukan dan mereview, dan menggunakan dan mengevaluasi .

Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara dan proses penemuan melalui pengamatan atau penyelidikan yang bertujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau persoalan sebagai suatu masalah yang diteliti.

Indriantoro danSupomo mengemukakan, penelitian ialah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara. Hasil penemuan tersebut, baik discovery atau invention. Hasil temuan sesuatu yang memang sudah ada dengan dukungan fakta biasa disebut discovery. 

Sukardi mengatakan, discovery diartikan sebagai hasil temuan memang sebetulnya sudah ada. Ia mencontohkan, misalnya penemuan Benua Amerika. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa invention dapat diartikan sebagai penemuan hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta, misalnya hasil kloning dari hewan yang sudah mati dan dinyatakan punah, kemudian diteliti untuk menemukan jenis yang baru.

Pengertian penelitian yang disarankan oleh Leedy dalam Indriantoro dan Supomo sebagai berikut: Penelitian adalah proses yang sistematis meliputi pengumpulan dan analisis informas dalam rangka meningkatkan pengertian kita tentang fenomena yang kita minati atau menjadi perhatian kita. Mirip dengan pengertian di atas, Dane menyarankan definisi sebagai berikut: Penelitian merupakan proses kritis untuk mengajukan pertanyaan dan berupaya untuk menjawab pertanyaan tentang fakta dunia.

Pengertian yang benar tentang penelitian sebagai berikut, menurut dalam Indriantoro dan Supomo Penelitian adalah suatu proses untuk mencapai jawaban terhadap suatu pertanyaan, penyelesaian terhadap permasalahan, atau pemahaman yang dalam terhadap suatu fenomena.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitianilmiah merupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan objektifyang melibatkan unsur penalaran dan observasi untuk menemukan, memferivikasi, dan memperkuat teori serta untuk memecahkan masalah yangmuncul dalam kehidupan.

Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif memiliki dasar positivis dan banyak diterapkan dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan alam, sosial, ekonomi, dan pendidikan. Menekankan objektivitas secara universal dan tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Menginterpretasi variabel yang ada melalui peraturan kuantitas atau angka. Memisahkan antara peneliti dengan objek yang hendak diteliti. Menekankan penggunaan metode statistik untuk mencari jawaban permasalahan yang hendak diteliti.

Berdasarkankesimpulan tentang pengertian penelitian sebagaimana dikemukakan di atas dapat diidentifikasi tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut:

a. Untuk memperoleh data empiris yang dapat digunakan dalam merumuskan, memperluas, dan memverifikasi teori. Tujuan penelitianseperti ini dimiliki oleh ilmu-ilmu murni 

b. Untuk memecahkan persoalan yang ada dalam kehidupan. Tujuan penelitian semacam ini terdapat pada ilmu-ilmu terapan

Tujuan suatu penelitian adalah untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan menemukan jawaban-jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Tujuan dapat beranak cabang yang mendorong penelitian lebih lanjut. 

Tidak satu orangpun mampu mengajukan semua pertanyaan, dan demikian pula tak seorangpun sanggup menemukan semua jawaban bahkan hanya untuk satu pertanyaan saja. Maka, kita perlu membatasi upaya kita dengan cara membatasi tujuan penelitian. Terdapat bermacam tujuan penelitian, dipandang dari usaha untuk membatasi ini, yaitu:

Eksplorasi Umumnya, peneliti memilih tujuan eksplorasi karena tuga macam maksud, yaitu: memuaskan keingintahuan awal dan nantinya ingin lebih memahami, menguji kelayakandalam melakukan penelitian/studi yang lebih mendalam nantinya, dan mengembangkan metode yang akan dipakai dalam penelitian yang lebih mendalam hasil penelitian eksplorasi, karena merupakan penelitian penjelajahan, maka sering dianggap tidak memuaskan. Kekurang-puasan terhadap hasil penelitian ini umumnya terkait dengan masalah sampling. Tapi perlu kita sadari bahwa penjelajahan memang berarti

 

Judul Buku

Metodologi Penelitian Bisnis

Penulis

Enny Radjab dan Andi Jam’an

Jumlah Halaman

145

Tahun

2017

Penerbit

Universitas Muhammadiyah Makassar

Bahasa

Indonesia

Bidang studi

Bisnis dan Metodologi Penelitian

Ukuran file

13,329 Mb

Link Download

 Download

 


Post a Comment for "Buku Metodologi Penelitian Bisnis PDF Download Secara Gratis"