Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori hukum ekonomi Islam: "Ekonomi Syariah", "Bank Syariah", "Asuransi Syariah", "Pasar Modal Syariah,"

 


Buku ini membahas tentang tidak banyak orang di luar Indonesia yang menggunakan istilah seperti "Ekonomi Syariah", "Bank Syariah", "Asuransi Syariah", "Pasar Modal Syariah," dan seterusnya. Di negara lain, mereka disebut "Ekonomi Islam", "Ekonomi Islam," atau "Bank Syariah Syariah."

 

Hal ini disebabkan oleh "Islam Phobia" pemerintah terhadap gerakan Islam politik pada tahun 90-an, saat Orde Baru berkuasa. Karena itu, setiap masalah atau gerakan yang disebut dengan nama Islam dianggap dapat mengancam stabilitas nasional dan otoritas pemerintah.

 

Oleh karena itu, untuk bertahan hidup, gerakan ekonomi yang menganut ajaran Islam harus menghindari istilah "Islam" saat menyebutnya. Jadi, istilah "syariah" digunakan untuk menggambarkan perilaku ekonomi dan keuangan yang didasarkan pada ajaran Islam.

 

Dengan demikian, istilah-istilah seperti Bank Syariah, Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah, Pasar Modal Syariah, dan bahkan Hotel Syariah dan Travel Syariah telah muncul.

 

Dalam kenyataannya, lembaga keuangan syariah di Indonesia harus mematuhi persyaratan hukum Islam. ulama Indonesia melalui lembaga yang dimiliki oleh Dewan Syariah Nasional.

 

Sampai fatwa keluar, DSN dapat mengeluarkan opini sementara. Karena sifatnya yang tidak mengikat, fatwa dikuatkan dan ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan sebagai standar kepatuhan ekonomi syariah.

 

Buku ini adalah disertasi program doktoral di Universitas Malaya, Malaysia. Tujuannya adalah untuk menyelidiki cara Majelis Ulama Indonesia menetapkan hukum ekonomi iii dan iv syariah. Karena fatwa MUI secara otomatis menjadi undang-undang ekonomi syariah nasional.

 

Judul Kitab

Teori hukum ekonomi Islam

Penulis

M. CHOLIL NAFIS

Jumlah Halaman

264

Tahun

2010

Penerbit

Penerbit Universitas Indonesia

Bahasa

Indonesia

Ukuran file

7,7 MB

Link Download

 


 

Post a Comment for "Teori hukum ekonomi Islam: "Ekonomi Syariah", "Bank Syariah", "Asuransi Syariah", "Pasar Modal Syariah,""