Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan buku panduan tentang kurban LBMLBM PCNU se-Jawa Tengah.

 


Pembuatan buku panduan tentang kurban dimulai dengan penyusunan kerangka materi. Materi-materi tersebut kemudian dibagi menjadi dua kategori: materi yang sudah umum diketahui dan materi yang perlu dibahas secara serius dalam majlis bahtsul masail karena kompleksitasnya. Materi yang sudah umum, seperti Arkan al Udlhiyah, dapat disusun berdasarkan referensi yang diakui di lingkungan NU. Materi yang perlu dibahas secara serius, seperti kasus-kasus riil di masyarakat, memerlukan perluasan pengetahuan dan melibatkan LBMLBM PCNU se-Jawa Tengah.

Majlis bahtsul masail dengan tema tunggal ibadah kurban dilaksanakan dua kali. Pertama, dalam komisi Bahtsul Masail Waqi’iyah pada Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) 9-10 Rajab 1433 H/10-11 Pebruari 2022 M di Semarang. Kedua, dalam kegiatan bahtsul masa’il rutin LBM PWNU Jawa Tengah, 7 Dzulqa’dah 1443 H/6 Juni 2022, di Kota Tegal. Pembahasan dibagi menjadi dua komisi, Waqi’iyah (kasuistik) dan Maudluiyah (tematik), untuk menyelesaikan buku panduan secara konsep dan implementasi.

LBM juga merujuk pada hasil bahtsul masail terdahulu dan di luar tema kurban, seperti hasil bahtsul masail Maudlu’iyah tentang Shighat dalam bahasa ‘Ajam. Hal ini menunjukkan konsistensi dalam berpegang pada hasil bahtsul masail yang telah diputuskan.

Selanjutnya, LBM membentuk tim redaksi untuk menyusun buku panduan ini. Tim bekerja dengan mengacu pada hasil-hasil bahtsul masail tersebut dan dilengkapi dengan materi-materi kategori ma’lum.

Meskipun berupa buku panduan, buku ini tetap menyertakan dalil dan kutipan referensi yang otoritatif sebagaimana tradisi ilmiah di lingkungan NU. Kutipan referensi diletakkan pada catatan kaki di halaman bersangkutan.

Buku ini sangat penting untuk dibaca oleh para praktisi lapangan, para penangung jawab kegiatan, dan yang melaksanakan kurban secara pribadi mandiri.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran pimpinan PWNU Jawa Tengah, khususnya jajaran Syuriah atas bimbingan dan arahannya. Terima kasih juga kepada para mushahhih, seperti KH M. Aniq Muhammadun, KH Ah. Roziqin, KH Imam Abi Jamroh, dan KH Khoiron Ahsan atas tashih yang diberikan.

untuk dapat membaca lebih lengkap anda bisa mendownload secara geratis dibawah ini



Post a Comment for "Pembuatan buku panduan tentang kurban LBMLBM PCNU se-Jawa Tengah."