Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Buku Sejarah Peradaban Islam: Paradigma Teks, Reflektif dan Filosofis

 


Pada awalnya, Islam hanyalah agama suku Quraish di Jazirah Arab, dan kemudian lambat tetapi pasti berkembang melintasi dimensi suku dan terus menyebar ke berbagai wilayah di dunia. Islam hanya dapat berkembang ke seluruh jazirah Arab dan kemudian melintasi daratan dan lautan ke Afrika Utara, melalui selat Gibraltar ke Eropa, dan terus berkembang ke wilayah Timur, anak benua India, dan kemudian bergerak ke arah timur hingga ke Asia Tenggara, Tengah, dan bahkan Cina dalam waktu 23 tahun. Penyebaran Islam yang cepat pasti menyebabkan bertemu dengan berbagai tradisi atau budaya lokal yang sudah ada sebelumnya. Sangat mungkin bahwa tidak ada wilayah yang tidak memiliki budaya.

Tidak ada masyarakat yang tidak memiliki budayanya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, ketika Islam tiba di sebuah tempat, dia juga akan bertemu dengan budaya lokal, yang mengharuskan dia untuk "bernegosiasi" dengan budaya atau tradisi lokal tersebut.

Ini karena banyaknya perbedaan agama di dunia, termasuk Islam, disebabkan oleh percakapan budaya antara orang-orang yang datang dan yang lama dan sebaliknya.

Tidak ada yang menang atau kalah dalam pertemuan ini. Kedua orang terlibat dalam diskusi yang saling memberikan dan menerima, bahkan saling menguatkan. Ini mungkin yang membuat dunia manusia dan kebudayaannya unik.

Islam sebagai agama tidak membedakannya dari agama lain. Artinya memiliki banyak aturan yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk berperilaku.

Buku Sejarah Peradaban Islam, yang ditulis oleh DR.H.Ah.Zakki Fuad, M.Ag, membahas berbagai aspek keilmuan dan rute sejarah peradaban Islam. Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana Islam berkembang dalam kehidupan masyarakat, beberapa peristiwa penting yang terjadi selama kekhalifahan Islam dikupas dengan sangat memadai.

Selain itu, sejarah politik umat Islam sepanjang evolusinya cukup dibahas. Selain itu, pemerintahan yang terbentuk selama sejarah umat Islam memberikan legitimasi untuk gagasan bahwa sistem politik adalah wilayah kemanusiaan yang sebenarnya dapat didasarkan pada ajaran Islam. Wilayah agama yang profan adalah simbol pemerintahan.

Karya ini secara komperhensif menggambarkan sejarah perjalanan peradaban Islam yang penuh dengan masalah kemanusiaan. Semoga buku ini bermanfaat untuk mengajarkan khalayak tentang bagaimana membaca dan memahami sejarah Islam dari sudut pandang budaya dan peradaban.

 

Judul Kitab

Sejarah Peradaban Islam: Paradigma Teks, Reflektif dan Filosofis

Penulis

DR.H.Ah.Zakki Fuad, M.Ag,

Jumlah Halaman

268

Tahun

2016

Penerbit

-

Bahasa

Indonesia

Ukuran file

33,29 Mb

Link Download

 


 

 

 

Post a Comment for "Memahami Buku Sejarah Peradaban Islam: Paradigma Teks, Reflektif dan Filosofis"