Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Sejarah Perdaban Islam karya Siti Zubaidah: Bahan Bacaan yang Menarik untuk Dosen, Peneliti dan Mahasiswa

 


Buku Sejarah Perdaban Islam karya  Siti Zubaidah, peradaban Islam ini dapat sepenuhnya diselesaikan. Buku ini sangat cocok untuk digunakan sebagai referensi bagi siswa perguruan tinggi, terutama siswa tingkat satu dan pascasarjana, serta orang umum yang tertarik pada sejarah Islam. Peradaban Islam yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada ilmuan, peneliti, siswa dan Mahasiswa.

Sejarah Islam Ini diterbitkan secara nasional untuk dimanfaatkan oleh semua orang, terutama para mahasiswa dan peneliti sejarah Islam, karena memiliki banyak manfaat untuk dipelajari dan sebagai sumber komparasi untuk berbagai aspek kehidupan saat ini.

Menurut definisi, "keterangan yang telah terjadi di kalangannya pada masa yang telah lalu atau pada masa yang masih ada." Sementara pengertian lebih lanjut menggambarkan sejarah sebagai catatan yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu yang didokumentasikan dalam laporan tertulis dan dalam ruang lingkup yang luas. Menurut pengertian ini, pokok bahasan sejarah selalu terdiri dari peristiwa penting yang berkaitan dengan perkembangan umum keadaan masyarakat.

Oleh karena itu, Sayid Quthub menyatakan bahwa "Sejarah bukanlah peristiwa, melainkan tafsiran peristiwa-peristiwa itu, dan pengertian mengenai hubungan nyata dan tidak nyata, yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme waktu dan tempat."

Sejarah juga berasal dari kata Arab "Syajarotun", yang berarti "pohon". Sejarahnya mirip dengan pohon, dengan cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, tumbuh dan berkembang, sebelum layu dan tumbang. Dari bahasa Arab, kata "sejarah" mengacu pada silsilah, kisah, atau hikayat.

Sebagian orang di Barat menggunakan istilah "Histoire", "Historie", dan "Sejarah", yang berasal dari kata Yunani "istoria", yang berarti "ilmu," dan "historie", yang berarti "sejarah." Aristoteles mengatakan bahwa sejarah adalah studi sistematis tentang berbagai gejala alam, yang diceritakan secara kronologis atau tidak kronologis

 

Judul Kitab

Sejarah Perdaban Islam

Penulis

 Siti Zubaidah

Jumlah Halaman

255

Tahun

2016

Penerbit

Perdana Publishing

Bahasa

Indonesia

Ukuran file

6,39 Mb

Link Download

 


 

Post a Comment for "Buku Sejarah Perdaban Islam karya Siti Zubaidah: Bahan Bacaan yang Menarik untuk Dosen, Peneliti dan Mahasiswa"